Pages

Subscribe:

Recent Posts

Sabtu, Februari 25, 2012

MEMFOKUSKAN PENCARIAN BARENG GOOGLE

Setelah sebelumnya kita melihat kemampuan google mencari dokumen dengan format tertentu (pada postingan “Mencari file tertentu dengan paman GooGle”) , kali ini kita akan melihat lagi kemampuan pencarian google lainnya yang tidak bisa disepelekan begitu saja.. weww... :)

Dalam keseharian kita sering mencari file secara acak dan umum seperti menuliskan kata kunci “Universitas Indonesia”, tujuan sebenarnya adalah ingin mencari file atau artikle tentang Universitas Indonesia (UI) saja. Namun, sang google akan menampilkan semua pencarian sobat dengan cara acak dan umum. Hasil pencarian google juga akan menampilkan univeristas gajah mada yang di dalamnya terdapat kata Indonesia dan universitas. (lihat gambar di bawah)



Nah, bagaimana cara memfokuskan pencarian  agar lebih terarah pada target yang kita inginkan?
Begini aturan mainnya............

Misalnya sobat ingin mencari file/artikle tentang Universitas Indonesia (UI) saja (kata universitas dan indonesia tidak terpisah/ dalam satu frase), cukup tambahkan tanda petik dua (“) pada awal dan akhir kalimat seperti ini “Universitas Indonesia”. Sobat akan mendapatkan hasil pencarian dengan yang leboh terfokus pada artikle tentang Universitas Indonesia saja atau dokumen yang berisi kata Universitas indonesia dalam satu frase (tidak terpisah sepert di atas tadi).

Sistem pencarian google memang kelihatan sederhana, akan tetapi jika kita mengetahui trick dan tatacaranya yang benar, maka semua pencarian  akan lebih terarah dan google akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan harapan kita.

Semoga bermanfaat ya..

0 komentar:

Posting Komentar

Total Penayangan

FlagCounter

free counters

IP Checker

IP